Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips dan Trik Memilih Sekolah

38 Comments

  • Nurul Rahma
    Posted October 5, 2021 at 11:43 am

    Milih sekolah ini super tricky banget
    aku puyeengg kalo udah urusan pilih sekolah anak

    apalagi ketika menginjak jenjang sekolah menengah
    mumettt

    • Post Author
      Laila Dzuhria
      Posted October 5, 2021 at 11:44 pm

      Disamping kita hrs siapin biaya hrs siapin byk hal y mbak.

  • Moch. Ferry
    Posted October 5, 2021 at 6:22 pm

    Memang ada perhatian referensi memilih sekolah semenjak dini perlu dipantau dan dimusyawarahkan semenjak awal

  • Maria Soemitro
    Posted October 5, 2021 at 11:15 pm

    bagus sekali tulisannya, sederhana, lengkap dan bermanfaat

    saya ingat waktu memasukkan anak ke TK dan SD, gak pernah ngajak mereka bicara

    padahal penting banget ya?

    • Post Author
      Laila Dzuhria
      Posted October 5, 2021 at 11:46 pm

      Penting ternyata ambu. Agar anak bisa kenal lingkungannya nanti. Dan siap menghadapi kehidupannya yg baru.

  • uchi
    Posted October 6, 2021 at 4:16 am

    Belum pernah ngalamin kemumetan dlm milih sekoalah karna di kampung ga banyak pilihan.
    tp ini bisa jadi referensi nih misal nanti suatu saat pindah ke kota 😁

    • Post Author
      Laila Dzuhria
      Posted October 6, 2021 at 7:01 am

      Iya say. Paling tidak terapkan yg triknya. Libatkan anak dalam memilih salah 1 sekolah tersebut atau ya ajak anak school tour. Berkeliling sekolahnya.

  • Annie Nugraha
    Posted October 6, 2021 at 8:04 am

    Aku setuju nih kalau faktor JARAK harus wajib dimasukkan sebagai salah satu kualifikasi memilih sekolah. Apalagi pengalaman melihat teman-teman yang dulu sering banget tidak mempertimbangkan hal ini. Jadi anaknya capek duluan di transportasi. Meskipun naik mobil pribadi.

    Faktor kedua yang biasanya aku pertimbangkan ya keseimbangan antara perkembangan akhlak dan akademis. Karena ilmu terbaik munculnya dari akhlak yang baik pula. Tapi sekarang kan anak TKB WAJIB sudah bisa calistung karena masuk SD wajib sudah menguasai 2 hal itu. Jadi menjelang lulus TK biasanya anak-anak dikejar untuk bisa calistung biar bisa keterima di SD.

    • Post Author
      Laila Dzuhria
      Posted October 6, 2021 at 5:39 pm

      Alhamdulillah TK nya Omar fokus ke ahlak Mbak Annie. Hanya perkenalan huruf saja. Dan SDnya nanti kita masukkan di sekolah Alam yanh memang memerdekakan anak. Dalam arti anak belum bisa baca tulis dn hitung pun masih diterima. Krn ownernya ngerti sekali bahwa usia dini belum saatnya diajarkan baca tulis. Bahkan ada yang udah kelas 1 SD di sekolah alam tersebut masih belum bisa baca, akhirnya pelan2 diajarkan, krn usianya juga sudah 7 tahun dan sarafnya sudah bersambungan, alhamdulillah bisa. Memang kan dalam Al Quran pun ditulis kita mengajarkan salat saja usia 7 tahun. Krn saraf2 otak anak belum bersambungan. Apalagi anak diajarkan baca, kan kasian. Ortu3 jaman skg memang harus banyak belajar dan menelaah ilmu yang didapat, ya Mbak.

  • Windi Astuti
    Posted October 6, 2021 at 8:23 am

    sering membaca tips memilis sekolah buat anak, sellau ada insight yang kudapat. sangat bermanfaat sekali buat saya mbak. dan bisa kucontoh itu permainan yang diajarkan oleh bu gurunya. hmmmm, keren

  • Rhoshandha
    Posted October 6, 2021 at 9:22 am

    Ya mbak,
    urutannya sama dengan aku: jarak, biaya, visi, dan kegiatan
    karena kita selalu berharap sekolah yang terbaik untuk si kecil
    jadi kita punya standar untuk menentukan pilihan sekolah

    • Post Author
      Laila Dzuhria
      Posted October 6, 2021 at 5:40 pm

      Betul.. krn kalau tidak sejalan dg kita, akan terasa berat.

  • Wahid Priyono
    Posted October 6, 2021 at 9:28 am

    Saya baru tahu nih, ada PAUD LPI untuk pengembangan islam gini. Bagus sih ada model PAUD atau sejenis SD_IT sebagai sarana untuk dakwah islamiyah…

    • Post Author
      Laila Dzuhria
      Posted October 6, 2021 at 5:41 pm

      PAUDnya bagus sekalo mas. Kegiatannya melatih fisik, karakter, dan daya pikir anak. Lebih ke sana dl. Krn msh Tk (prasekolah).

  • Mutia Ramadhani
    Posted October 6, 2021 at 10:28 am

    Jarak adalah pertimbangan pertama saya, sebab anak saya masih TK. Hehehe. Nanti kalo anak sudah SMP dan selanjutnya, baru deh pertimbangan lainnya bisa dimasukkan. Prinsipnya di mana pun anak kita bersekolah, tetap harus ada pendampingan orang tua. Orang tua yang paling tahu perkembangan anaknya.

  • Cantika Nova
    Posted October 6, 2021 at 10:59 am

    Kalau urusan pendidikan anak, orang tua kudu hati-hati karena salah pilih sekolah bisa berdampak pada si anak. Tips yang bagus thank you kak.

  • Sani
    Posted October 6, 2021 at 12:16 pm

    Selain biaya, juga banyak hal yg harus kita siapkan. Gak bis sembarangan pilih sekolah buat anak. Karena lingkungan sekolah, pendidikan, dan kualitasnya bakal pengaruh ke anak

  • Fenni Bungsu
    Posted October 6, 2021 at 1:49 pm

    Daku udah ngerasain kak waktu kecil, kalau sekolah dekat rumah itu enaknya bisa santai, gak takut macet. Malah bisa jalan kaki ketemu temen² yang satu sekolah maupun yang nggak. Ponakan daku juga menerapkan itu

    • Post Author
      Laila Dzuhria
      Posted October 6, 2021 at 5:43 pm

      Nah bener kan say. Berasa bgt manfaatnya kalau sekolah itu dekat.

  • Dyah ummu AuRa
    Posted October 6, 2021 at 3:16 pm

    Toss.. sama banget kita kak. aku juga mempertimbangkan jarak, biaya, visi misi dan kegiatan sekolah yang mau dijadikan pilihan. Selanjutnya diskusi ma suami dan ngajak anak-anak langsung ke sana buat ikut memilih.

  • Shyntako
    Posted October 6, 2021 at 4:04 pm

    Jadi inget dulu pas survei sekolah, tur deh dari satu sekolah ke sekolah lainnya. Pertimbanganku pastinya kurikulum/metode pengajaran, fasilitas sekolah, kegiatan ekstranya dan pastinya sistem pembayarannya hihihi

  • Aisyah Dian
    Posted October 6, 2021 at 5:33 pm

    Setuju kak, Memilih sekolah ini bukan hal yang mudah ya kak harus disesuaikan dengan kemauan anak juga agar tidak terjadi salah menyalahkan

  • Hastira
    Posted October 7, 2021 at 3:08 am

    betul , dilihat dari beberapa aspek ya untuk mempertimbangkan semuanya

  • Fida
    Posted October 14, 2021 at 4:06 pm

    Dulu, waktu jadi mahmud, saya sempat keliling-keling nyari sekolah buat anak sulung. Saat paud, SD, dan SMP. (adiknya ngikut yang sudah pernah dimasuki abangnya)
    Nah ketika SMA, mereka mulai memilih sendiri tujuan mereka.. apalagi waktu mau kuliah … orang tua hanya bisa memotivasi dan doa aja. Selebihnya bergantun g ke usaha mereka mendapatkan kampus yang mereka mau.

    • Post Author
      Laila Dzuhria
      Posted October 16, 2021 at 12:21 am

      Ya itulah tugas kita ya Mbak.. mengarahkan, mendoakan, mendukung.

  • Post Author
    Laila Dzuhria
    Posted October 16, 2021 at 11:39 am

    Artikel yang bermanfaat.

  • leantoro
    Posted October 16, 2021 at 11:54 am

    memilih sekolah dengan seksama di tingkat sekolah dasar menjadi hal yang paling penting dan harus di pertimbangkan secara matang, karena di dasar inilah perkembangan motorik anak akan mulai di pacu selain itu juga proses pembelajaran etika

  • Kabrina
    Posted October 16, 2021 at 2:24 pm

    Terima kasih atas tipsnya, Mbak. Saya jadi inget dulu pernah diajak orangtua ke TK tempat saya didaftarkan sekolah. Hehe.

  • Ahmad Shah Laupa
    Posted October 16, 2021 at 2:28 pm

    Artikel yang sangat bermanfaat sekali kakak. Saya sangat setuju dengan tips memilih sekolah diantaranya seperti jarak, biaya, visi, kegiatan dan kurikulumnya memang harus diperhatikan dan tentunya harus sesuai dengan kebutuhan si anak.

  • Janu Muhammad
    Posted October 16, 2021 at 4:28 pm

    Dari pengalaman saya di sekolah, pertimbangan jarak dan biaya adalah dua faktor utamanya. Semoga dimampukan memilih sekolah yang tepat. Terima kasih untuk tulisannya mbak Laila.

  • Edo - relasiparadigma
    Posted October 16, 2021 at 4:51 pm

    Emang si blum tau bnyak soal mengurus anak atau mendidik anak soalnya blum nikah 😅 tpi dri artikel mbak bisa jdi refrensi sy buat suatu saat jika punya anak memilih sekolah anak yg tepat sprti apa. 👍

  • Anggita R. K. Wardani
    Posted October 16, 2021 at 6:57 pm

    Wah terima kasih sekaliii infonya bun. Bisa saya save buat beberapa tahun lagi kalau anakku mau sekolah.

  • nurul afiati
    Posted October 17, 2021 at 8:36 am

    Pas banget, saya memang lagi cari sekolah dasar untuk anak. Ketika baca post ini, mengajak anak melihat sekolah yang belum saya coba. Mudah-mudahan pandemi segera berakhir dan sekolah bisa kondusif lagi ya

  • Mujahidin
    Posted October 17, 2021 at 8:46 am

    Memang betul, biaya selalu menjadi yang utama untuk menjadi pertimbangan dalam menentukan “kita sekolah dimana? “

  • Bunda Dina
    Posted October 17, 2021 at 8:53 am

    Jadi teringat anakku memilih sekolah. Dia ngotot mau sekolah yang banyak pohon dan tanamannya, yang memang berkonsep sekolah alam. Belakangan dari laporan guru saya baru tahu, anak saya kalau istirahat merangkak-rangkak di sela tanaman. Alasannya, nyari belalang untuk ikan arwana di rumah 😀

  • dyaread
    Posted October 17, 2021 at 9:08 am

    Kayaknya yg banyak jadi persoalan biaya deh kak. Pengen yg bagus tapi terhalang biaya

Leave a comment

Laila Dzuhria © 2021. All Rights Reserved. Design by Solusi Desain Web

Sign Up to Our Newsletter

Be the first to know the latest updates

[yikes-mailchimp form="1"]