Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Otak Anak Perempuan dengan Anak Laki-laki

41 Comments

  • Maria tanjung
    Posted October 11, 2021 at 7:45 pm

    Kadang kasihan kalau lihat orang tua yg suka membandingkan anak. Anak itu punya keunikan tersendiri. Dan memang jangan sampai terdengar ya maka anak jadi berkcil hati

  • Wahid Priyono
    Posted October 11, 2021 at 10:02 pm

    Saya percaya kata orang2 dulu bahwa: “Bocah iku isi otake iku bedo2, eneng seng bocah pinter lan bocah kurang pinter, ojo bandeng2ke anaku karo anake sampeyan”. Artinya setiap anak itu ditakdirkan dengan tingkat kecerdasan dan perkembangan fisik maupun emosional berbeda, tetap hargai tumbuh kembang anak kita dan ortu harus bangga dengan putera/i-nya. Btw, tulisan di atas saya suka dan menambah wawasan saya pastinya.

  • Maria Soemitro
    Posted October 12, 2021 at 2:21 am

    Allah pastinya mempunyai tujuan khusus saat menciptakan perempuan dan pria

    perbedaan dibutuhkan untuk saling melengkapi

    bukan untuk dibanding bandingkan

  • Mochferrydc
    Posted October 12, 2021 at 2:24 am

    Betul, tumbuh kembang anak dipengaruhi juga faktor lingkungan di mana anak berada. Sekarang setelah membaca review tulisan seperti ini kita perlu mengaplikasikan bahwa perbedaan karena faktor di atas perlu dipahami. Mantap

    • Post Author
      Laila Dzuhria
      Posted October 12, 2021 at 9:17 am

      Yapp ortu harus paham perbedaan otak anak laki dan perempuan. Jadi jangan sampai kita membedakan mereka. Yg sesama jenis kelamin saja berbeda apalagi yg beda kelamin? Ya kan?

  • Melina Sekarsari
    Posted October 12, 2021 at 3:33 am

    Ahahahay … Memang betul. Itu juga yang terjadi di dalam rumah kami. Anak lelaki yang responnya lebih lambat dibandingkan anak perempuan padahal itu adalah kakaknya. Wah wah wah, kadang memang harus tarik ulur urat leher. Tapi nggak papa, setiap anak punya keistimewaan masing-masing. Tinggal kita para orangtua yang harus jernih melihat di mana keunggulan setiap anak, ya.

  • Ajeng Pujianti Lestari
    Posted October 12, 2021 at 4:44 am

    Aku juga sempat belajar tentang perbedaan otak anak laki-laki dan perempuan dari dokter Aisyah Dahlan. Terus terkagum-kagum aja gitu. Ternyata memang Allah menciptakan sedemikian rupa, sesuai dengan tanggung jawab setiap makhluknya.

    Belajar tentang otak membuat aku paham kalau mendidik anak perempuan dan anak laki-laki itu memang berbeda caranya

    • Post Author
      Laila Dzuhria
      Posted October 12, 2021 at 9:12 am

      Yap berbeda banget mbak. Gak bisa kita samakan, anak laki2 harus belajar, duduk manis di depan buku. Tapi mereka memiliki cara nyaman belajarnya masing2.

  • Annie Nugraha
    Posted October 12, 2021 at 8:40 am

    MashaAllah. Semua ternyata ada penjelasan ilmiahnya ya Laela. Memang kalau direview, saat SD hingga SMP, dominasi anak perempuan di bidang akademis memang lebih dominan. Berbeda saat sudah di bangku SMA dan perkuliahan. Banyak anak lelaki yang mampu menyaingi kepintaran anak perempuan.

    • Post Author
      Laila Dzuhria
      Posted October 12, 2021 at 9:11 am

      Benar banget mbak.. memang sih anak perempuan unggul. Tp pas sudah dewasa. Allah balikkan lagi kodrat tersebut, bahwa wanita dibawah naungan laki2. Masyaallah y Mbam Annie.

  • Siska Dwyta
    Posted October 12, 2021 at 9:12 am

    Terima kasih pencerahannya Mbak. Dari ulasan di atas jadi tahu kalau fitrahnya anak laki-laki seperti itu lebih banyak bertingkah jadi wajar saja ya karena perkembangan otaknya berbeda dengan anak perempuan. Noted juga nih, tugas kita sebagai orang tua emang nggak boleh sampai membanding2kan karena setiap anak terlahir unik sehingga tentu antara anak yang satu dan anak lainnya punya perbedaan karakter masing2.

    • Post Author
      Laila Dzuhria
      Posted October 12, 2021 at 9:16 am

      Benar mbak… jangan membandingkan ya.. kasihan mereka.. ini jg self reminder buat aku.

  • Katerina
    Posted October 12, 2021 at 11:04 am

    Allah sudah menciptakannya demikian tentu ada maksud dan tujuannya. Kita tinggal memahaminya, bukan menjadikannya untuk dibanding-bandingkan. Setiap anak unik 😊

  • Mutia Ramadhani
    Posted October 12, 2021 at 11:40 am

    Melihat bagan perbedaan otak anak laki-laki dan perempuan di atas, pantas lah saya merasa kok anak perempuan saya pas kecil itu lebih cepat ngerti dan cepat pintar dibanding adik kembarnya. Wkwkwk. Soalnya kedua belahan otak tumbuh dengan kecepatan seimbang pada anak perempuan, ketimbang laki-laki.

    • Post Author
      Laila Dzuhria
      Posted October 12, 2021 at 2:45 pm

      Benar sekali. Anak laki2 lebih cepat berkembang pada otak kanan, ialah otak bermain kalau kata Bu Aisah Dahlan. Heheheh

  • Nurul Sufitri
    Posted October 12, 2021 at 1:48 pm

    Bisa jadi tuh makna perempuan dan laki2 dipersatukan dalam ikatan pernikahan, sudah diatur sedemikian rupa oleh Allah Sang Maha Pencipta. Karena otak perempuan dan laki2 sejak masa kanak2 menang sudah berbeda 😀 Di situlah kita sama2 memberi dan nemerima, ga boleh mereka dibanding2kan,

  • Yanti Ani
    Posted October 12, 2021 at 2:11 pm

    Saya punya anak perempuan dan laki-laki, benar banget memang dari segi kemampuan lingual anak perempuan tinggi dari anak lelaki tapi disisi lain anak laki kemampuan kinestetiknya lebih cepat dari anak perempuan

    • Post Author
      Laila Dzuhria
      Posted October 12, 2021 at 2:47 pm

      Yap itulah yang dikatakan ada lebih ada kurang. Allah menciptakan semua ini pasti sudah ada tujuannya. Masyaallah ya..

  • Fenni Bungsu
    Posted October 12, 2021 at 3:06 pm

    Daku punya ponakan perempuan dan laki-laki, memang mereka punya keunikan tersendiri, yang harus didukung. Jadi memang gak bisa dibanding²in sih.

  • Shyntako
    Posted October 12, 2021 at 4:15 pm

    mba thank you sudah diingatkan loh, hahaha aku kadang suka kesel kalo anak lakiku tuh dikasih tau tapi kaya gak dengerin padahal mah dia nyimak sih… baca artikelmu aku jadi diingatkan jadinya

    • Post Author
      Laila Dzuhria
      Posted October 12, 2021 at 6:31 pm

      Sama2 ayg. Kadang klo aku kg bicara, terus Omar kaya g denger gt, matanya ke TV atau diem aja. Aku suka nyeletuk, masyaallah anak manda laki2 banget ya.. hehheheh pdhl dia paham, cm emg cowo ya begitu gayanya.

  • Lia Lathifa
    Posted October 12, 2021 at 4:51 pm

    Masyaallah luar biasa, dalam penciptaan otak pun sudah diatur sedemikian rupa ya, pantaslah anak gak bisa disama-samain, apalagi dibanding kan satu sama lain. Terimakasih sharingnya ya

  • Diani Sekaring Sejati
    Posted October 12, 2021 at 5:41 pm

    Wow that explains everything Mba, pantas banyak yang bilang kalau anak perempuan lebih cepat berbicara dibandingkan laki-laki. Memang sebaiknya tidak dibanding-bandingkan ya Mba karena semua memiliki keistimewaan masing-masing.

  • Etika Aisya Avicenna
    Posted October 12, 2021 at 5:50 pm

    Allah sudah menciptakan manusia dengan sebaik-baik penciptaan. Termasuk sampai bagian terkecil maupun terpentingnya. Salah satunya otak ini. Setuju banget Bun, semoga kita bisa menahan diri untuk tidak membandingkan anak karena setiap anak itu unik dan istimewa.

  • Nurul Fitri Fatkhani
    Posted October 12, 2021 at 7:17 pm

    Anak saya perempuan dan laki-laki. Dan bener sekali dengan paparan dr. Aisah Dahlan tentang perbedaan otak laki-laki dan perempuan, semua terlihat dari perilaku mereka. Karena itu memang sebaiknya tidak membanding-bandingkan mereka, ya. Setiap anak memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

  • Aditya Nur Kahfi
    Posted October 12, 2021 at 7:20 pm

    Pantesan ponakanku yang perempuan lebih cepet belajarnya ketimbang ponakan yang laki-laki, ternyata memang berbeda yah perkembangannya.

  • Bayu Fitri
    Posted October 12, 2021 at 10:16 pm

    Bner juga ya biasanya anak laki lebih pragmatis dalam berpikir, kalau anak perempuan lebih menggunakan rasa jadi bnyk pertimbangan ..tapi apapun tiu semua ada kelebihannya masing-masing

  • Afrianti Eka Pratiwi
    Posted October 13, 2021 at 12:15 am

    Informatif sekali bund. Intinya mah nggak boleh membandingkan anak perempuan dan laki-laki ya, karena masing-masing punya kapasitasnya sendiri.

  • Janu Muhammad
    Posted October 13, 2021 at 4:12 am

    Assalamu’alaikum Mbak Laila. Tulisan ini bermanfaat sekali, jadi ada penjelasan kenapa perempuan bisa lebih cepat merespons dan multitasking dibanding laki-lakii. Terus berkarya ya!

    • Post Author
      Laila Dzuhria
      Posted October 14, 2021 at 3:44 am

      Waalaikum salam mas. Tks Mas. Begitu jg dg mas Janu ya. Terus berkarya dan sukses terus.

  • Thahirudin
    Posted October 13, 2021 at 4:38 am

    Kadang kasihan kalau lihat orang tua yg suka membandingkan anak. Anak itu punya keunikan tersendiri. Dan memang jangan sampai terdengar ya maka anak jadi berkcil hati

  • Rahmatullah.id
    Posted October 13, 2021 at 5:23 am

    mungkin inilah hikmah dibalik penciptaan laki dan perempuan, agar diantaranya keduanya saling melengkapi, hehe

  • Muhammad nurfahrul
    Posted October 13, 2021 at 7:14 am

    Oh ternyata beda yah pantes pintar2 banget cewek2 di kelasku pas SD

  • Anggita R. K. Wardani
    Posted October 13, 2021 at 8:57 am

    MasyaAllah luar biasa ya ketika Allah menciptakan otak manusia. Terimakasih buat tulisannya, insight baru buat saya 😀

  • dyaread
    Posted October 13, 2021 at 9:25 am

    Karena sebenarnya perbedaan itu yang bikin kita meski mensyukuri nikmat dari Allah SWT

  • Sri Wulandari
    Posted October 13, 2021 at 9:40 am

    Sepakat banget mom, mereka tumbuh sesuai usianya. Dan kembali ke fitrahnya saat sudah dewasa

  • Andri Marza Akhda
    Posted October 13, 2021 at 9:48 am

    Wah keren ini pembahasannya. Baik anak perempuan maupun anak laki-laki menurut saya harus saling melengkapi

  • elsalova
    Posted October 13, 2021 at 9:54 am

    Sesuatu yang pasti, otak mana yang dominan pada anak perempuan atau laki-laki dalam perkembangannya aja ga bisa kita bandingkan ya kak. Apalagi yang ga pasti, yang berkembang sesuai banyak faktor.

  • Nia Haryanto
    Posted October 17, 2021 at 9:33 am

    Wah, beda ya ternyata otak anak perempuan dan laki-laki. Tapi memangh iya sih, kalo diperhatikan, kelakuan anak-anakku yang cowok dengan anakku yang perempuan. Aku bandingkan saat mereka usia tertentu. Yang cewek lebih rajin, lebih teliti. Sedangkan yang cowok lebih asal. Ngaruh juga ke motorik halus mereka.

Leave a comment

Laila Dzuhria © 2021. All Rights Reserved. Design by Solusi Desain Web

Sign Up to Our Newsletter

Be the first to know the latest updates

[yikes-mailchimp form="1"]