Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pentingnya Memberikan Batasan pada Buah Hati

35 Comments

  • Meirsya Maghrida
    Posted June 15, 2021 at 9:07 am

    Sangat berfaedah kita menjadi tau tentang mendidik anak yang baik wah ini bisa jadi inspirasi ya

  • Moch. Ferry
    Posted June 16, 2021 at 12:20 pm

    Memberikan pengetahuan dan batasan dibutuhkan semenjak dini agar kelak seiring pertumbuhan bisa mulai memahami adab dari orang tua ke anak.

  • nurulrahma
    Posted June 16, 2021 at 4:12 pm

    Adab dan sopan santun memang harus diajarkan dan dibiasakan sedari dini ya.
    InsyaALLAH berkah dan bermanfaat utk tumbuh kembang buah hati.

  • Nurul Sufitri
    Posted June 16, 2021 at 4:54 pm

    Iya sih setuju kalau kita sebagai orang tua harus memberikan batasan apapun yang sewajarnya kepada anak2 kita. Berhubung anak2ku sudah abg, kelas 7 dan 10, maka sudah agak longgar soal jam malam, tidur dll. Mereka alhamdulillaah mandiri dan sudah paham apa yang boleh dan tidak. Kalau anak2 masih kecil, pastinya mesti diingatkan terus ya heheheh 😀 TFS.

    • Post Author
      Laila Dzuhria
      Posted June 16, 2021 at 7:44 pm

      Bener mbak. Harus kita bentuk karakterny sedini mungkin ya.

  • diane
    Posted June 16, 2021 at 7:51 pm

    Saya setuju banget sih.. batasan emang perlu diterapkan ke anak-anak..Mulai dari hal kecil. Karena kalau gak diterapkan sejak dini..ntar makin besar makin sulit membatasinya ya..

    • Post Author
      Laila Dzuhria
      Posted June 17, 2021 at 8:19 am

      Betul. Sudah terlambat mau menginputny ya mbak.

  • firsty molyndi
    Posted June 16, 2021 at 8:00 pm

    bener. kalo anak-anak gak diberi batasan ya semau mereka semuanya. dari kecil mesti dididik dengan baik ..

  • Sani
    Posted June 16, 2021 at 8:41 pm

    Bisa punya gambaran nanti kalau kami punya anak hehe. Pastinya harua ada batasan ya mbak, biar tau aturan dan belajar bertanggung jawab

  • YSalma
    Posted June 16, 2021 at 9:15 pm

    Sopan santun sangat penting ditekankan pada buah hati sejak dini, termasuk batasan bermain atau adab bertamu ini. Semoga anak-anak kita selalu mengingat batasan2nya.

    • Post Author
      Laila Dzuhria
      Posted June 17, 2021 at 8:18 am

      Aamiin. Iya kadang kita sudah jungkir balik untuk membentuk karakternya, tapi kadang karena lingkungan jd sedikit berubah. Semoga anak2kita kuat karakternya, teguh pendiriannya sehingga tidak mudah goyah. Aamiin.

  • Dian
    Posted June 16, 2021 at 10:15 pm

    wah aku banget ini mbak
    selalu ada aturan dan batasan buat anak anakku
    semua juga demi kebaikan mereka
    ya kan mbak?

  • Maria Soemitro
    Posted June 16, 2021 at 10:32 pm

    Yup , anak-anak harus dididik sejak di rumah

    sopan santun dan beretikan harus sejak dari rumah sehingga luwes ketika bertamu

    seperti paska makan, piring dibawa ke dapur dst

    • Post Author
      Laila Dzuhria
      Posted June 17, 2021 at 8:17 am

      Benar ambu.. hal sepele membuang sampah saat di rumah jg perlu diajarkan. Misalnya habis ngemil, bungkusnya kdg ada yg lgs dibuang gt sj, tidak di tempat sampah. Sy prnh melihat teman anak2 yg spt ini, lgs aku sm suami pandang2n.

  • Yasinta Astuti
    Posted June 17, 2021 at 5:14 am

    Aku termasuk yang begini juga mbak, memberikan batasan ke anak. Karena anak juga rasanya jadi ga merasa seenaknya. Walau sebenarnya pada diriku sendiri agak susah memberikan batasan kalau anak ke eyangnya, karena ketika kita ingatkan malah eyangnya yang bilang. Boleh kok, masa gitu aja ga boleh.

    Hehehe parenting lyfeee lah pokoknya. Btw, salam kenal ya mbak

  • Yasinta Astuti
    Posted June 17, 2021 at 5:15 am

    Aku termasuk yang begini juga mbak, memberikan batasan ke anak. Karena anak juga rasanya jadi ga merasa seenaknya. Walau sebenarnya pada diriku sendiri agak susah memberikan batasan kalau anak ke eyangnya, karena ketika kita ingatkan malah eyangnya yang bilang. Boleh kok, masa gitu aja ga boleh.

    Hehehe parenting lyfeee lah pokoknya. Btw, salam kenal ya mbak.

    • Post Author
      Laila Dzuhria
      Posted June 17, 2021 at 8:15 am

      Nah iya, pengasuhan skg sm nenek kakeknya anak2 berbeda memang ya mbak. Serba boleh pokoknya. Nah kita jg perlu tuh menyiasati agar nenek kakek mebgikuti oeraturan kita. Next time aku bikin tulisannya ya mbak. Aku prnh dpt ilmu tersebut dr pakar parenting soalnya.

  • Annisa Tang
    Posted June 17, 2021 at 5:46 am

    Kalau anak-anak saya, sudah saya edukasi terlebih dahulu Mom tapi nggak tahu juga ya realisasinya di rumah temannya ntar gimana karena mainnya bareng teman-temannya yang suka ke rumah juga. Sedangkan kalau teman-temannya ke rumah, semua tempat dan barang di rumah mereka eksplor. 😂 Tapi ya berhubung berhadapan dengan anak-anak saja, saya tegor langsung. Daripada papa saya yang tegor, karena papa saya kalau negor membentak, kebiasaan bentak cucu-cucunya juga di rumah, maklum … orang tua jaman dulu memang begitu. 🤣

    • Post Author
      Laila Dzuhria
      Posted June 17, 2021 at 8:13 am

      Nah iya tidak ada salahnya kita menegur anak-anak yg bermain d rmh kita. Bukan sombong ya, tp lebih mengarahkan.

  • Sumiyati Sapriasih
    Posted June 17, 2021 at 7:25 am

    Sebaiknya menang anak sejak kecil harus diajarkan sopan santun berbicara, kelakukan terhadap orang tua dan kakak yg lebih tua, agar dewasa nanti anak bisa lebih mandiri di masyarakat

  • Fenni Bungsu
    Posted June 17, 2021 at 9:09 am

    Setiap mampir di tulisannya kak Laila selalu dapat ilmu baru tentang parenting, jadi dapat bekal banyak buatku nanti saat ganti status KTP hehe.

    Minimal sih daku prakteknya ke keponakan dulu, belajar cara menerapkan batasan dan kapan berikan pujian

    • Post Author
      Laila Dzuhria
      Posted June 17, 2021 at 10:48 am

      Ayo2 perbanyak ilmu pengasuhan dl y mbak. Karena jangan sampai kita jd ortu yg asal punya anak, asal kasih makan, yg penting abak hidup. Tapi tidak dibekali sopan santun, mengabaikan, tidak dididik morilnya oleh ortu. Jgn sampai kita begitu.

  • Wahid Priyono
    Posted June 17, 2021 at 9:24 am

    Setuju, si buah hati perlu diberi tahu batasan2 saat masuk di dalam rumah. Soalnya kadang ada juga anak-anak yang asal masuk dalam kamar pemilik rumah. Kalau sudah seperti ini tidak etis ya.. saran saya dikunci juga ruangan2 yang dirasa penting dan barang2 berharga.

    • Post Author
      Laila Dzuhria
      Posted June 17, 2021 at 10:46 am

      Nah benar kan, bahwa memasuki wilayah pribadi si tuan rumah memang sangat tidak etis. Jadi kita harus membekali batasan2 pada buah hati

  • Annie Nugraha
    Posted June 17, 2021 at 9:41 am

    Pada kenyataannya pendidikan attitude dan behaviour itu memang harus dimulai sedari mereka kecil. Layaknya sebuah kertas putih yang akan ditulis atau kita isi dengan hal-hal baik dan bermanfaat yang nantinya akan bisa mereka baca kembali.

    Kalau tidak sedari dini mereka tahu what do dan don’t, perilaku anak pun akan semaunya. Ya karena mereka berpikir itu adalah benar dan tidak dilarang.

    • Post Author
      Laila Dzuhria
      Posted June 17, 2021 at 10:50 am

      Benar mbak. Sama spt istilah anak biacara kurang jelas atau anak tidak sopan. Berpikirnya nanti jg bs berubah sendiri. Pdhl anak itu g mungkin berubah sendiri tanpa kita bekali prilaku dan keahlian2 lainnya.

  • Maria Tanjung Sari
    Posted June 17, 2021 at 10:10 am

    Bener banget mba, sedari kecil anak harus dibiasakan untuk memiliki etika ketika bermain ke rumah temannya. Saya dulu pas di rumah teman waktu SD hausnya minta ampun, ga berani minta minum lah kok ga diberi minum juga sama si tuan rumah.

    • Post Author
      Laila Dzuhria
      Posted June 17, 2021 at 10:50 am

      Iya ya mbak harus dpt izin dl ya dr yg mpunya rumah.

  • Handiko Rahman Pebrianto
    Posted June 17, 2021 at 1:13 pm

    Harus diajarin etika dan ada batasan ya mbak sedari kecil. Baca-baca dulu ilmu parenting, besok kalo udah nikah dan punya anak mau aku terapin hihi. Thank youu ilmunya~

  • Rania Fardyani
    Posted June 17, 2021 at 2:04 pm

    Jadi ingat pesan dari Ibu Septi Peni, founder Ibu Profesional: dahulukan adab baru ilmu
    Begitu juga dengan bertamu. Kita harus bisa mengajarkan adab pada anak saat bertamu ke rumah orang lain
    Rumah orang lain adalah di luar zona nyamannya dia, bisakah dia berlaku sopan? Kalau bisa, insya Allah ilmu pun akan datang menghampiri

    Emang rada tricky ya ngajarin adab pada anak. Tapi kerasanya sudah anak besar. Adab yang sudah kita install sedari kecil pasti terbawa sampai besar nanti

    • Post Author
      Laila Dzuhria
      Posted June 17, 2021 at 2:30 pm

      Aaa bener bgt mbak. Auamiku jg blg gt mengutamakan adab br ilmu. Kdg org suka kebalik, lbh mentingin ilmu ketimbang adab. Bahkan cara berpakaian sj msh suka ada yg kancutan lho. Next time kayaknya aku bahas adab berpakaian seru kali ya mbak???

  • Siti Nurjanah
    Posted June 17, 2021 at 5:05 pm

    Setuju, ruang dan waktu untuk bermain anak baiknya memang dibatasi agar sejak dini mereka pun bisa memahami tentang pengendalian dan jangan sampai melakukan kebiasaan yang malah menjadi tidak nyaman bagi pihak lain

Leave a comment

Laila Dzuhria © 2021. All Rights Reserved. Design by Solusi Desain Web

Sign Up to Our Newsletter

Be the first to know the latest updates

[yikes-mailchimp form="1"]