Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mimpiku, Menikmati Indahnya Tana Toraja Bersama Teman Hidup dan Traveloka

65 Comments

  • Sepeda Avand
    Posted September 14, 2022 at 2:23 pm

    Semangat nulisnya bu

    • Post Author
      Laila Dzuhria
      Posted September 14, 2022 at 2:26 pm

      Semangat… hehehe

      • Evi
        Posted September 18, 2022 at 7:18 pm

        Istimewa banget yaa di sana orang yg meninggal .. bagian itu aku bacanya bersemangat hehee

        • Post Author
          Laila Dzuhria
          Posted September 18, 2022 at 9:05 pm

          Iya benar suatu penghormatan terakhir untuk sanak saudara yg telah berpulang.

  • Funny
    Posted September 14, 2022 at 3:57 pm

    Waah keren sih, cuman sy ga yakin berani nontonnya. 😁

  • Raysa Lestianti
    Posted September 15, 2022 at 8:19 am

    Menarik bu!

  • Haryadi Yansyah | Omnduut
    Posted September 15, 2022 at 12:14 pm

    Saking terpesonanya dengan rumah tradisional yang ada di Tana Toraja aku sampe bikin sketsanya berdasarkan foto dari temen blogger lain (eh arsipnya masih ada di sini https://twitter.com/Omnduut/status/1319909252266217474). Tentu saja saat bikin itu sambil berharap satu saat nanti bisa ngeliat langsung dan bertemu dengan penduduk lokalnya.

    Ini tulisannya komplet banget! dan kebayang banyaknya kemudahan kalau bisa ke Tana Toraja dengan memanfaatkan fasilitas yang ditawarkan oleh Traveloka, ya!

    • Post Author
      Laila Dzuhria
      Posted September 15, 2022 at 1:37 pm

      Iya benar Om. Udah gitu make traveloka bisa booking hotel murah pula. Lengkap ya pakai traveloka. Mudah dan murah!

  • Julia Pasca
    Posted September 15, 2022 at 8:47 pm

    Dulu agak merinding melihat mayat yang diawetkan, gak cuma satu tapi buanyak, pikiranku dulu itu tempat pasti berhantu, hmmmmm

    Sekarang jadi tahu kalau itu adalah budaya disana ya, kak. Melongo juga sih total kalau ada orang yang meninggal, kerbaunya buanyaaak yang digunakan. Satu kerbau anggap 30 juta, itu dikalikan 100, wadidaw. Gak kaleng-kaleng euy

    Anyway, Semoga bisa terwujud ya kak menjelajah disana, ditunggu foto²nya, eaaaa

    • Post Author
      Laila Dzuhria
      Posted September 15, 2022 at 11:06 pm

      Iya mbak. Itu benar2 merogoh kocek yg dalam pastinya. Masyaallah ya suatu penghormatan terakhir kali bagi org yg tlh berpulang saat itu.

      Aamiin. Siap tar tak tulis klo terwujud mimpiku.

  • Annie Nugraha
    Posted September 15, 2022 at 8:49 pm

    Saya baru sekali ke Tana Toraja. Tahun 2000 sekitar bulan September (kalau gak salah inget). Terbang ke Makassar lalu disambung jalur darat ke Tana Toraja selama 8 jam. Naik mobil travel (Hiace) yang nyaman banget.

    Sampe disana langsung terkesan. Begitu masuk Makale, langsung terlihat salib kayu besar dan beberapa Tongkonan yang tidak berpenghuni. Rejekinya sehari setelah sampai itu ada upacara Rambu Solo. Jadilah ikut berebutan tempat untuk menyaksikan event seharga milyaran ini. Dan itu jadi pengalaman yang tak terlupakan. Sayangnya di jaman itu belum jadi blogger, belum menulis dan belum aktif di dunia photography. Kalau dah nulis, pasti tak tulis panjang kali lebar itu hahahaha.

    Ah, jadi pengen balik lagi ke Tana Toraja (Tator). Sekarang pasti sudah banyak perubahan. Terutama wisata yang ramah bagi muslim. Dulu susah nyari makanan halal. Sekarang pasti sudah jauh berbeda.

    • Post Author
      Laila Dzuhria
      Posted September 15, 2022 at 11:04 pm

      Semoga mimpiku terkabul ya Mbak.. agar bisa melihat rambu solo jg, melihat rumah Tongkonan, dll. Pasti bakal takjub sm tradisinya yg kental itu. Ayo Mbak ke Tana Toraja lg.

  • Ira Hamid
    Posted September 15, 2022 at 9:54 pm

    Gak hanya alamnya, Tana Toraja memiliki banyak hal menarik yang membuat kita harus berkunjung ke sana. Ahh jadi ingat saat kuliah dulu, saya diajakin tetangga kost ke Toraja, namun karena belum izin ke ortu akhirnya saya batal ikutan, hiks

    • Post Author
      Laila Dzuhria
      Posted September 15, 2022 at 11:02 pm

      Iya indah banget ya Mbak. Yah syg dong batal menjelajahi Toraja. Gpp next time sm keluarga ya mbak bisa ke sana. Aamiin.

  • Mpo Ratne
    Posted September 16, 2022 at 7:32 am

    Enak nih ke tana toraja. Semoga ada waktu, uang dan kesehatan buat mampir kesana ke kampung halaman datuk (kakek)

    • Post Author
      Laila Dzuhria
      Posted September 16, 2022 at 9:26 am

      Aamiin Mpok.. semoga ada rezekinya biar bisa bersilaturahmi.

  • Maria G
    Posted September 16, 2022 at 7:50 am

    Waaaa….ini mah mimpiku juga

    Salah satu destinasi yang masuk list saya untuk dikunjungi after pandemi dan after tabungan mencukupi
    Eits lupa, bisa pakai Traveloka Paylater kan ya?
    Hayuk ah, belanja kain tenun yang cantik-cantik ^^

    • Post Author
      Laila Dzuhria
      Posted September 16, 2022 at 9:25 am

      Bisa dong… iya bener bgt aku pengen ke sana krn ingin belajar soal tradisinya yg mengagumkan.. hayuk Ambu wujudkan mimli kita. Smg tercapai. Aamiin.

  • lendyagassi
    Posted September 16, 2022 at 8:08 am

    Terpukau dengan adat Tana Toraja.
    Dari mulai pemakaman hingga kuliner dan kain tenunnya yang indah.

    Melihat berbagai adat di Tana Toraja, waktu melhat orang terkasih saat prosesi Festival Ma’Nene, apa gak nangis lagi yaa..?
    Kaya teringat lagi dengan kenangan bersamanya..

    Semoga adat Tana Toraja tetap terjaga dan menjadi kekayaan budaya yang dilindungi.

    • Post Author
      Laila Dzuhria
      Posted September 16, 2022 at 9:24 am

      Mungkin akan ada beberapa yg menangis lg ya mbak.

      Aamiin.

  • YSalma
    Posted September 16, 2022 at 9:09 am

    Banyak banget yang dapat dilihat dan dikunjungi di tana Toraja ya, mulai dari tradisi, rumah adat, kuliner, hingga kerajinan tenun dan manik-manik.
    Semoga juga diberi kesempatan melihat semua keindahan yang diulas dalam artikel ini, kudu nyari-nyari tiket di Traveloka dulu biar dapat harga ramah kantong.

    • Post Author
      Laila Dzuhria
      Posted September 16, 2022 at 9:23 am

      Iya mbak byk bgt yg didapat dr Tana Toraja. Keindahan alam, kebudayaan, kuliner dll. Iya dong harus pakai Traveloka biar bisa booking hotel murah, dan tiket pesawat juga murah.

  • Nanik Nara
    Posted September 16, 2022 at 10:34 am

    Saya pernah lihat liputan di TV tentang Ma’Nene ini mbak, Setelah itu punya keinginan untuk suatu saat bisa ke sana.

    Membaca ulasan di sini yang sangat lengkap, jadi makin penasaran pengen lihat langsung.

    Urusan transportasi dan akomodasinya, biar gampang emang serahkan aja sama ahlinya ya, traveloka

    • Post Author
      Laila Dzuhria
      Posted September 16, 2022 at 11:35 am

      Iya mbak aku jg penasaran bgt. Semoga saja mimpiku ini terkabul untuk pergi ke Tana Toraja. Aamiin ya allah. Km jg ya Mbak.

      Iya pasti dong pakai Traveloka. Aku sampai sudah ngelist penginapannya. Hehehe

  • Ida Wahyuni
    Posted September 16, 2022 at 11:30 am

    Saya pribadi sangat kagum dengan keberagaman budaya dan adat dari tanah Toraja. Dari dulu sudah terkenal dan banyak sekali diliput di acara TV.
    Salah satunya adat Tau-Tau yang menurut saya unik dan sepertinya hanya ada di Toraja ya mom?

    • Post Author
      Laila Dzuhria
      Posted September 16, 2022 at 11:36 am

      Iya Mbak setahuku Tau-tau hanya ada di Toraja. Maka dr itu berbeda sekali kebudayaannya dg yg lain. Mereka menganggap kematian adalah sesuatu yg sakral dan merasa ketika terakhir kali itu harus mempersembahkan sesuatu yg berarti hingga rela mengeluarkan rupiah demi rupiah yg terbilang banyak.

  • Desi
    Posted September 16, 2022 at 2:42 pm

    banyak banget kegiatan budaya di Tana Toraja Ya Kak, sy baru tau banyak dari tulisan ini. Jalan-jalan emang udah satu obat hati buat healing apalagi klo perginya bersama teman hidup, udah deh, pasti makin seru ya

    • Post Author
      Laila Dzuhria
      Posted September 16, 2022 at 3:05 pm

      Iya mbak byk bgt.. aku pun kagum mbak. Nah, itu paling pentingm selalu bersama teman hidup. Heheh dan jgn lupa pakai traveloka untuk booking hotel murah.

  • Fenni Bungsu
    Posted September 16, 2022 at 2:52 pm

    Tana Toraja memang mengesankan ya kak Laila.
    Ikonik bisa dikatakan ya.
    Harapannya semoga tetap dilestarikan kebudayaan di Tana Toraja, dan yang berwisata ke sana juga menjaga kebersihan.

    • Post Author
      Laila Dzuhria
      Posted September 16, 2022 at 3:02 pm

      Yap mbak yg jd ikonik ya rambu solonya ya. Aamiin. Smg wisatawan senantiasa melestarikan keindahan tanah air kita.

  • Andy Hardiyanti
    Posted September 16, 2022 at 3:54 pm

    Semoga mimpinya terwujud yaa kak. Aamiiin. Saya pun belum pernah ke Toraja nih. 20 tahun tinggal di Makassar, kok ya gak menyempatkan diri ke sana. Huhuhu. Sekarang malah udah keburu pindah ke Lombok. Penasaran pengen ngopi sambil menikmati panorama Gunung Nona di sana, di Tana Toraja. Tentunya pengen lihat kebudayaannya juga dong~

    • Post Author
      Laila Dzuhria
      Posted September 16, 2022 at 4:40 pm

      Hayulah disempatkan berkunjung ke Toraja. Keren lho.

  • Dian
    Posted September 16, 2022 at 4:19 pm

    Tanah Toraja ini emang jadi bucket list banyak orang ya mbak
    Tidak hanya punya keindahan alam, tapi juga beragam hasil budaya yang memukau
    Semoga bisa mewujudkan impian ke tanah Toraja ya mbak

  • dea merina
    Posted September 17, 2022 at 10:29 am

    waakkk, Torajaaa!! ini masuk slaah satu wishlist akuuu. awalnya gegara salah satu temen kuliah yang dari Toraja cerita adat mereka dan aku jadi tertarik. terutama sama festival ma’nene ituuu. semoga next time bisa ke sana! 😁

    • Post Author
      Laila Dzuhria
      Posted September 18, 2022 at 2:00 am

      kagum ya sama tradisi mereka. Sangat menghargai.

  • Aisyah Dian
    Posted September 18, 2022 at 1:33 am

    Seru ya mbak andai bisa ke Tanah Toraja. Seneng banget pasti salah satu mimpi terindah Menjadi nyata

  • Cahaya rizki
    Posted September 18, 2022 at 8:47 pm

    Klo udh dengar ttg Tana Toraja, pasti langsug ke arah nuansa horor berterbangan.
    Ets… Tapi pas baca ttg Tana Toraja by bunda laila, jadi seru sekali. Ada banyak hal indah yg bikin penasaran untuk di liat, seperti bangunan2nya yg unik, kain nya, dll.. seru bgt rasanya, karena jadi sambil bayangin. Mudah-mudahan ada kesempatan bisa ke sana liat Salah satu Keindahan Indonesia.

    Lanjutkan bunda menulisnya, semangat! Biar makin banyak info. 😉

    • Post Author
      Laila Dzuhria
      Posted September 18, 2022 at 9:04 pm

      Ahaha iya benar agak horor tp seru.. karena kita jd memahami kebudayaan setiap kota. Aamiin. Smg tercapai ya mimpiku. Semangat km jg ya..

  • Phai Yunita S Wijaya
    Posted September 18, 2022 at 9:45 pm

    Seru banget ya rupanya tana Toraja ini. Banyak adat istiadat dan kebudayaannya yang bisa di eksplorasi. Indonesia memang kaya Budaya dan tradisi. Keren banget.

  • Anggita R. K. Wardani
    Posted September 20, 2022 at 8:48 am

    MasyaAllah semoga terkabul ya mba impiannya. Cantik banget ya kebudayaan dan pemandangan di sana

    • Post Author
      Laila Dzuhria
      Posted September 20, 2022 at 11:57 am

      Aamiin ya Allah. Makasih syg.

    • Post Author
      Laila Dzuhria
      Posted September 20, 2022 at 4:22 pm

      Aamiin Mbak. Iya kebudayaan di sana kental banget ya. Sampai orang yg sudah berpulang saja masih dihormati. Masyaallah.

  • Blogger Tasik
    Posted September 20, 2022 at 11:15 am

    memang paling bener sih kalau mau jalan-jalan jangan lupa cek traveloka dulu

    • Post Author
      Laila Dzuhria
      Posted September 20, 2022 at 11:57 am

      Yoi bener bgt. Mudah digunakan dan murah di dapatkannya.

  • Regina
    Posted September 20, 2022 at 2:49 pm

    Seperti dibawa ke Tana Toeaha beneran Mom. 🥰

    • Post Author
      Laila Dzuhria
      Posted September 20, 2022 at 4:21 pm

      Aaa ahahha iya ya Mbak. Ada yg bilang lengkap isinya.

  • Tanti Amelia
    Posted September 20, 2022 at 5:31 pm

    Baca tulisan mbak Lai ini bahagia campur senang karena kayak digabrukin informasi menyenangkan untuk healing!

    Makasiiiih mbak Lai, semoga menang ya dan bisa jalan jalan sama mas Amin – Omar dan Tsabit yaaaa

  • Cherrie
    Posted September 20, 2022 at 9:37 pm

    Hmmm pasti seru yaa..apalagi bawa anak-anak ke Tana Toraja, membayangkan wajah-wajah mereka yang kepo & bersemangat ketemu hal baru & menarik..pasti akan menjadi liburan yang tak terlupakan.

    • Post Author
      Laila Dzuhria
      Posted September 20, 2022 at 10:10 pm

      Iya sekaligus mengedukasi anak2 agar cinta budaya.

  • Yama
    Posted September 24, 2022 at 9:59 pm

    Tulisan yang lengkap tentang Toraja, semoga bisa menjadi referensi kita semua. Taveloka memang memudahkan kita untuk beli tiket dan liburan hehehe

    • Post Author
      Laila Dzuhria
      Posted September 24, 2022 at 10:14 pm

      Betul sekali traveloka sangat mudah digunakan.

  • Visya
    Posted September 25, 2022 at 6:26 pm

    Mbaak aku baru tau nama rumah adat itu Tongkonan. Budeku waktu nikah sama oakdekuku yang asli Toraja pakai merchandise nikahnya rumah Tongkonan hehe. Banyak yang baru aku tahu soal Tana Toraja lewat postingan ini. Termasuk detail Rambu Solo. Selama ini cuma tau sekilas aja.

    • Post Author
      Laila Dzuhria
      Posted September 25, 2022 at 6:41 pm

      Iya Mbak. Ternyata tidak semua masyarakat Toraja yg berpulang hrs berkurban kerbau. Ada kalangan2 tertentu ya mbak.

  • Lis
    Posted September 26, 2022 at 12:13 pm

    Masya Allah keren mbak lanjutkan ya😍😍

  • Lis
    Posted September 26, 2022 at 12:14 pm

    Jadi pengen jalan jalan kesana ya hehhe

  • Santi Dewi
    Posted September 27, 2022 at 1:25 pm

    Pengen nyobain kulinernya 🙂 Kain tenun Tana Toraja tuh bagus ya… Gak heran kalau designer Indonesia tertarik untuk membuat pakaian dari kain tenun ini

    • Post Author
      Laila Dzuhria
      Posted September 27, 2022 at 4:22 pm

      Iya mbak. Yg jelas Indonesia kaya akan kebudayaan dan krindahan wisata alam. Untuk menginap, untuk kita berkunjung bermain, atau sejedar mencicipi kuliner daerah, tp jgn lupa pakai traveloka untuk booking hotel murah.

  • Anne
    Posted September 28, 2022 at 8:17 pm

    Sungguh luar biasa Indah alam Indonesia beserta Budayanya. Terima kasih atas informasi dan penjelasan yg sangat lengkap dan jelas mengenai budaya Indonesia, khususnya Toraja. Dari hanya segelintir pengetahuan ttg Toraja yg saya tau, skg semakin banyak ilmu Budaya yg didapat atas ceritamu Aya.. Terima ksh atas waktumu utk mengulasnya dan terima ksh Traveloka atas informasi penginapan murahnya…. Traveling ya Traveloka 👌😘😘😘

Leave a comment

Sign Up to Our Newsletter

Be the first to know the latest updates

[yikes-mailchimp form="1"]