Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengajarkan Anak untuk Bertanggungjawab

34 Comments

  • amaterasublog
    Posted February 25, 2022 at 11:56 am

    Ulasan artikel yg sangat bermanfaat sekali untuk para orang tua terutama bagi saya yg baru memiliki 1 anak balita. Tetimakasih sudah mengulas tips parenting terutama yg mengatasi tantrum, akan saya coba peraktekkan tipsnya, dan semoga berhasil ๐Ÿ™

  • dea merina
    Posted February 25, 2022 at 5:54 pm

    bagian paling sulit adalah tega. aku sama mama sering banget ribut perkara adek (yang masih kelas 5 sd) terlalu dimanjain sama mama. hadeeehh, dahlah cap kakak jahat menempel banget di aku. padahal niatku baik hehe
    tapi yaudahlah mungkin ntar kalo udah gede dia bakal paham

    • Post Author
      Laila Dzuhria
      Posted February 25, 2022 at 7:41 pm

      Aduhh ini dia nih parenting jaman dahulu dn skg berbeda. Insyaallah km nanti jd parenting milenial ya yg bs memutus mata rantai parenting jaman old.. yg apa2 dimanja dn segala macam.

  • Kabrina Rian
    Posted February 25, 2022 at 7:24 pm

    Ya ampun, aku suka banget baca-baca tips parenting kaya gini, Kak. Bakal bermanfaat banget sih kelak kalau udah punya anak. Ditunggu tips parenting lainnya, ya.

  • Andri Marza Akhda
    Posted February 26, 2022 at 10:04 am

    Untuk mengajarkan anak bertanggung jawab memang tidaklah mudah, sebagai orang tua, harus lebih dulu mencontohkan. Mungkin untuk praktiknya nanti akan lebih sulit, terutama bagi saya yang masih amat muda ๐Ÿ˜€

    • Wahid Priyono
      Posted March 17, 2022 at 11:03 am

      Berat juga memang menjadi orang tua. Perlu menjadi contoh baik bagi anak2nya. Makasih ya kak artikelnya sangat berguna untuk dibaca.

  • Eddy Mulyono
    Posted February 27, 2022 at 8:27 am

    Memang setiap anak itu unik, dan memiliki cirikhasnya masing masing. Dan cara mendidiknya disesuaikan dgn karakter maaing-masing. Saya memiliki 3 anak yg unik2 dan pola pengasuhan juga berpengaruh terhadap tumbuh kembangnya.
    postinganeddy.web.id

  • Ikfi Nursyifa
    Posted February 27, 2022 at 10:24 am

    Saya senyum-senyum sendiri bacanya. Makasih ulasannya, Kak. Sangat bermanfaat. Semoga ya bisa nyusul punya buah hati juga ^^ nanti mau balik lagi ke sini buat baca-baca tips parenting yang lain hihi

  • Rendi Riansyah
    Posted February 27, 2022 at 10:48 am

    bisa diterapkan juga sama adikku yang masih kecil nih hehe

  • Lintang
    Posted February 27, 2022 at 1:11 pm

    Sama mba, saya juga melatih tanggung jawab dengan memberinya kesempatan menyelesaikan kebutuhan pribadinya. Seperti membereskan tempat tidur, mengembalikan handuk setelah mandi, bahkan mencuci celananya sendiri kalau ngompol. Bisa menjadi contoh pula buat adek-adeknya.

  • Nurul Fitri Fatkhani
    Posted February 27, 2022 at 1:53 pm

    Orang tua memang harus punya ilmu yang cukup sebagai bekal untuk mengasuh anaknya ya. Setiap anak memiliki karakter masing-masing dan cara mengasuhnya pun pastinya berbeda.

  • Anggita R. K. Wardani
    Posted February 27, 2022 at 6:10 pm

    MasyaAllah mba, Tsabit ini style anakku banget. Kadang sering banget pengen nangis gara2 tingkahnya luar biasa

  • Jihan
    Posted February 28, 2022 at 7:51 am

    MasyaAllah bener banget mba. Cuman kadang kalau anakku tantrum, akunya ikutan tantrum eh kalau lg capek wkwkw PR bangett

    • Post Author
      Laila Dzuhria
      Posted February 28, 2022 at 1:43 pm

      Nahan emosi saat capek tuh susah banget emang mbak.. pengen nangis rasanya. Tp jgn jdkn hal ini wajar ya. Klo sudah tenang segeralah minta maaf dn peluk si anak ya.

  • Pradyta Febriana
    Posted February 28, 2022 at 9:19 am

    Bener banget mbak setuju, tiap anak istimewa dan ada kelebihan dan bakat yg berbeda beda. tipsnya juga keren banget mbak agar parenting jadi lebih maksimal

  • Mohammad Rizal
    Posted February 28, 2022 at 10:01 am

    Masya Allah, semoga selalu memotivasi yang lain. Memang penting sekali untuk mengajarkan tanggung jawab untuk anak, harus dimulai sejak dini.

  • Amanda
    Posted February 28, 2022 at 12:04 pm

    Belum punya ank sih tp tips.y bermanfaat banget apalgi buay adik dy yg minta ampun bandel.y

  • Haryadi Yansyah | Omnduut
    Posted March 15, 2022 at 12:01 pm

    Dalam satu waktu, emang harus tega. Aku setuju. Dulu aku dididik lumayan keras sama ortu. Tindakan kurang ajar misalnya, big no banget. Tapi aku ngerasa hasil didikannya sekarang dan berkaca ke beberapa sepupu yang anaknya terlalu dimanjakan sehingga kadang lepas kontrol dan sikap mereka ke orang lain (apalagi yang ke lebih tua) juga kadang susah diterima nalar ๐Ÿ™‚

  • Yanti ani
    Posted March 15, 2022 at 10:05 pm

    Wahh kalau orang tua sudah menerapkan ilmu parenting yang tepat pada anak sejak dini, biasanya anak bakal tumbuh jadi pribadi yang baik ๐Ÿ™‚ salut sama cara mbak mengajar anaknya bertanggung jawab!

  • Tian lustiana
    Posted March 15, 2022 at 10:16 pm

    Harus banyak sabar ya ajarkan anak untuk bertanggung jawab, meski kadang saya suka lupa menurunkan volume suara, hehe

    • Post Author
      Laila Dzuhria
      Posted March 16, 2022 at 5:01 am

      Nah iya hal ini yang sulit. Tp jika pelan2 kota terapkan insyaallah bisa mbak. Kalau pas lagi kelepasan jangan lupa minta maaf ke anak ya.

  • Maria G
    Posted March 16, 2022 at 2:57 am

    aduh untung anak2 saya gak ada yang tantrum

    kalo gak bakal bingung deh, maklum di keluarga saya banyak “orangtua” ๐Ÿ˜€

  • Titis Ayuningsih
    Posted March 16, 2022 at 3:32 am

    Mendidik anak memang harus dilatih sejak dini ya mbak, biar bisa menjadi anak yang mandiri. Tega, memang harus tega dalam arti positif, bertujuan untuk mendidik anak ke lebih baik.

  • Dennise Sihombing
    Posted March 16, 2022 at 8:24 am

    Saya jadi ingat saat mengajarkan Rachel & Glory untuk bertanggungjawab ketika masih kecil.Sama mom, aku mengajarkan mereka ada sabarnya dan ada teganya.Walaupun dilubuk hati terdalam gak tega juga,tetapi kalau tidak ada warna Tega-nya tidak bisa bertanggungjawab dan mandiri

  • Sendy Yunika
    Posted March 16, 2022 at 11:19 am

    sabar itu memang kunci utama ya, mb. karena mengelolanya pun butuh usaha, jadi menurutku ini paling susah hehe..

  • Ira Hamid
    Posted March 16, 2022 at 12:14 pm

    Dibutuhkan kesabaran ekstra untuk menghadapi anak tantrum yaa. Orang tua harus “tega” agar anaknya nanti gak manja

Leave a comment

Sign Up to Our Newsletter

Be the first to know the latest updates

[yikes-mailchimp form="1"]