Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kurikulum Keluarga

22 Comments

  • duniamasak
    Posted October 12, 2021 at 10:04 am

    wah keren banget ada kurikulumnya terus dievaluasi 3 bulan sekali 😀 aku jadi terinspirasi juga dari Bunda, terima kasih sudah berbagi ya Bun

    • Post Author
      Laila Dzuhria
      Posted October 12, 2021 at 2:51 pm

      Twrima kasih Mbak. Iya memang harus dievaluasi oleh suami. Karena dialah yang bertanggung jawab atas keluarga. Bagaimana mendidik anak istrinya, itulah yang diminta pertanggung jwbnnya kelak bukan?

      Berat sekali memang tugas suami2 kita ya. Semoga Allah lancarkan hajat2nya dan kita harus membantu beliau agar dimudahkan ketika di akhirat nanti.

  • Lithaetr
    Posted October 15, 2021 at 12:36 pm

    Saya sepertinya perlu adaptasi ini tentang kurikulumnya. Soalnya mendampingi anak-anak itu memang proses panjang yang luar biasa. Soalnya dampaknya juga seumur hidup. Semoga kita dimampukan memberikan pendampingan terbaik buat anak-anak ya, mbak, aamiin

  • Farida Pane
    Posted October 15, 2021 at 1:15 pm

    Masyaallah. Jadi lebih jelas langkah2nya kalau disusun dalam kurikulum begini, ya. Secara umum aku mengikuti milestone tumbuh kembang anak sesuai usianya aja selama ini.

  • Siti Nurjanah
    Posted October 15, 2021 at 8:27 pm

    Artikelnya begitu menarik,
    Mencakup tahapan tumbuh kembang anak
    Hal ini tentu bisa menjadi acuan utk tips parenting yg begitu inspiratif

  • Reyne Raea
    Posted October 15, 2021 at 10:28 pm

    Senangnya ya kalau bisa fokus mengurus anak-anak dengan seksama, bisa menerapkan banyak hal biar anak-anak bsia tumbuh dengan lebih baik.
    Semoga saya juga dimampukan untuk bisa fokus ke anak-anak, aamiin 🙂
    Biar beberapa plan yang juga pernah saya susun bersama anak-anak juga bisa dijalankan 😀

    • Post Author
      Laila Dzuhria
      Posted October 16, 2021 at 12:23 am

      Aamiin. Memang konsisten itulah kesulitan kita, Mbak. Tp smg kita bisa.. semangat..

  • uchi
    Posted October 15, 2021 at 10:34 pm

    Lengkap dan rinci sekali ini, mbak. mantep.
    Smoga kita bisa jadi orang tua yang amanah, aamiin …

  • Mutia Ramadhani
    Posted October 16, 2021 at 1:13 am

    Ibu-ibu zaman now kayaknya lebih hapal sama peta tumbuh kembang anak yaaa.

    Masya Allah mba, ibu istimewa. Tertata semua program dan targetnya. Semoga tetap istiqamah ya mba.

    • Post Author
      Laila Dzuhria
      Posted October 16, 2021 at 1:40 am

      Aamiin mbak..km juga ya. Semoga kita dimampukan oleh Allah untuk menjadi orang tua hebat.

  • Maria Soemitro
    Posted October 16, 2021 at 4:03 am

    duh bagus sekali tulisannya

    andai semua ibu melakukan hal di atas, generasi muda Indonesia bakal terjamin deh kesehatan fisik dan psikisnya serta tumbuh kembang dengan optimal

    • Post Author
      Laila Dzuhria
      Posted October 16, 2021 at 9:05 am

      Aamiin. Smg para mama muda generasi milenial spt ku sadar akan pentingnya memerhatikan peta tumbuh kembang anak2nya dan mampu menyiapkan kemandirian buah hati.

  • Ajeng Pujianti Lestari
    Posted October 16, 2021 at 4:22 am

    Wah, seru ya mbak bikin kurikulum keluarga. Alhamdulillah juga didukung sama suami karena ngurus anak kan pastinya harus berdua. Aku sendiri belum sampai kurikulum, tapi setidaknya sudah ada goals tiap minggu. Hehe

    • Post Author
      Laila Dzuhria
      Posted October 16, 2021 at 9:06 am

      Alhamdulillah. Benar banget mengurus anak harus berdua dan selaraskan visi dn misi dengan pasangan. Hebat nih suaminya mau terlibat dalam pengasuhan.

  • Li Yuliani
    Posted October 16, 2021 at 6:29 am

    Makasih banyak udah nulis tentang ini, emang udah seharusnya ya punya kurikulum keluarga. Anak saya mau 6 tahun November nanti. Mau lihat juga ah programnya, ngikutin yang Mba bikin di sini

  • Annie Nugraha
    Posted October 16, 2021 at 8:15 am

    Waalaikumsallam Wr. Wb.,

    Awalnya saya tersenyum baca istilah biji, kecambah, berbunga dan berbuah. Tapi setelah dibaca kembali, 4 penamaan ini pas banget untuk masa-masa tumbuh kembang anak hingga usia 11 tahun. Rincian tentang sifat, sikap, disiplin dan penerapan program pendidikannya pun rinci dan aplikatif sekali. Termasuk tentu saja urusan kualitas moral dan agama.

    Bagus banget ini tulisannya Laila. Ah seandainya sudah tahu dari jaman anak-anak ku dulu, pasti sudah tak praktekkan nih.

    • Post Author
      Laila Dzuhria
      Posted October 16, 2021 at 9:08 am

      Iya ya Mbak. Parenting itu baru hidupnya belakangan ini ya. Padahal Bu Elly sudah menggalakkan dari puluhan tahun lalu namun, baru inilah saat yang tepat mungkin bagi Allah. Ini aku dapat ilmu dari anaknya Bu Elly. Mereka sekeluarga fokus di bidang parenting.

  • Dian
    Posted October 16, 2021 at 9:49 am

    wah iya mbak, penting buat kurikulum keluarga
    saya juga buat
    terima kasih inspirasinya mbak

  • nurulrahma
    Posted October 16, 2021 at 11:08 am

    anakku umur 15 dan aku blm punya kurikulum kayak gini 🙁
    Gapapa mau ikutan bikin, ahh
    better late than never

  • Fenni Bungsu
    Posted October 16, 2021 at 2:48 pm

    Ponakan daku yang jelang usia 3 tahun, dia suka meniru sih memang.
    Jadi ngikutin abangnya solat. Kalau diminta buat merapikan mainan mau aja dianya, tapi memang dicontohkan hehe

Leave a comment

Laila Dzuhria © 2021. All Rights Reserved. Design by Solusi Desain Web

Sign Up to Our Newsletter

Be the first to know the latest updates

[yikes-mailchimp form="1"]