Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dampak Menyekolahkan Anak Terlalu Dini

14 Comments

  • Teddy
    Posted April 5, 2022 at 10:09 pm

    Alhamdulillah dapat ilmu baru lagi, ternyata tidak baik menyekolahkan anak sejak dini. Karena belum waktunya ya Kak.

    Masa kanak-kanak akan berkurang dan sang anak tentunya akan melampiaskan itu pada saat dewasa kelak.

    Terima Kasih Kak.

  • dea merina
    Posted April 6, 2022 at 9:20 am

    kasihan juga sih sebenernya kalo sekolah kecepetan. nanti jadinya anak kurang bisa bersosialisasi. mana waktunya kan beda ya. harusnya masih main eh udah di suruh belajar. padahal main juga penting untuk perkembangan anak

  • dinda
    Posted April 6, 2022 at 10:37 am

    Ini salah satu alasan aku enggak masukin anak ke playgroup saat anak tidak siap. Selain karena bosan, aku takutnya dia memandang sekolah bukan sebagai sesuatu yang menyenangkan. Dampaknya malah pas dia besar, ya jadi malas sekolah.. ūü•≤

    • Post Author
      Laila Dzuhria
      Posted April 7, 2022 at 6:51 pm

      yap betul mbak. seperti aku begini. Jadi tidak berprestasi. Karena dari usia 3 tahun aku PG.

  • Andri Marza Akhda
    Posted April 6, 2022 at 11:54 am

    Salah satu alasan mengapa orang tua ingin menyekolahkan anaknya cepat-cepat, adalah mereka sibuk dan tidak punya waktu luang untuk menemani anak. Padahal, masa-masa itu harusnya dimanfaatkan untuk menanamkan nilai-nilai baik, dan kuncinya memang harus, harus bisa meluangkan waktu

    • Post Author
      Laila Dzuhria
      Posted April 7, 2022 at 6:51 pm

      benar banget luangkan waktu. bukan memberikan waktu luang untuk anak

    • Tri Ayu Andani Nasution
      Posted April 8, 2022 at 11:35 am

      Nah, iya bener. Aku pernah baca kalau menyekolahkan anak terlalu dini bikin anak gampang bosen dalam belajar. Yg aku liat, masa anak2 masanya bermain, tapi engga lupa untuk selalu membuat dia belajar sedikit2 tapi dengan cara yg menyenangkan. Biar dia juga bisa tetap senang dan nyaman ketika masuk dunia pendidikan nantinya.

  • Mei Daema
    Posted April 6, 2022 at 12:23 pm

    terima kasih banyak atas ilmu parentingnya mba, selama ini ternyata banyak yang keliru bahwa menyekolahkan anak lebih awal dari usianya seolah itu hal yang baik untuk perkembangan anak, padahal sebaliknya ya, kecuali mungkin kalau anaknya ingin sendiri, saya juga jadi paham bahwa menyekolahkan anak baiknya di usia seperti itu ya

  • Nova
    Posted April 7, 2022 at 10:48 am

    Paud atau taman bermain kayaknya cocok buat anak bersosialisasi..dan main bersama, soalnya kalo dirumah kalo ibu gak kreatif..anak mainan gadget mulu..hehhehe

  • Evi Sri Rezeki
    Posted April 7, 2022 at 1:57 pm

    Setuju sih. Anak yang kelewat muda sekolahnya nggak baik. Dia sudah dicecar oleh lingkungan sekitar sebelum waktunya

  • Anggita R. K. Wardani
    Posted April 8, 2022 at 8:32 am

    Setuju sih mba, kebanyakan orang Indonesia termasuk aku dulu juga pernah latah mengikuti tren misalnya MPASI gara-gara ikut influencer. Padahal yang benar ikut saran influencer yang memang ahli di bidangnya. Apalagi sekolah, berarti PAUD itu ndak wajib ya mba?

    • Post Author
      Laila Dzuhria
      Posted April 8, 2022 at 9:23 pm

      Yap nggak wajib say. Minimal ambil satu tahun mundur sebelum anakSD. jadi anak nggak akan merasa bosan banget ketika menjelang dewasa. Dan percayya deh, prestasinya akan meningkat kok.

  • Mohammad Rizal
    Posted April 8, 2022 at 10:55 am

    wah ternyata ada dampak negatifnya juga ya, terasanya pun kalau sudah besar, apakah juga tergantung masing-masing anak dan orang tua ya?

  • Milah Smart
    Posted April 11, 2022 at 3:22 pm

    MasyaALlah. Barokallah kakak. Terima kasih sudah share ilmunya.

    Buat Mila yang masih single, ilmu ini penting banget dan insyaAllah bermanfaat.

Leave a comment

Sign Up to Our Newsletter

Be the first to know the latest updates

[yikes-mailchimp form="1"]